Ketua KPU Soppeng: Logistik Pemilu 2024 Sudah 90% Berada Di Gudang

0


Keterangan Gambar : Ketua KPU Soppeng Irwan Usman Divisi Logistik

Soppeng, Breaking SulSel. Com --- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memastikan memasuki Januari 2024, seluruh logistik Pemilu dan Pilpres 2024 90 % siap. Sebaliknya, kebutuhan surat suara Pileg dan Pilpres hingga saat ini belum terdistribusi ke gudang KPU Kabupaten/Kota karena masih proses cetak menunggu kekurangan beberapa logistik tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Soppeng Irwan Usman Melalui WhatsAppnya oleh Breaking SulSel.Com tentang ketentuan Jumat (26/01/202) belum lama ini. “Logistik pemilu seperti kotak suara, pita, segel, kabel tis, tinta dan alat coblos semua sudah 100% berada di gudang KPU kabupaten/kota. Tingga surat suara yang belum karena masih dalam proses cetak. Sebab DCT baru saja clear sehingga proses cetak baru bisa dimulai menunggu yang rusak dan yang masih berkurang," kata Irwan Usman.

Mengingat, waktu, jumlah pemilih dan luasan wilayah Kabupaten S



oppeng, lanjut Irwan Usman, pihaknya berharap distribusi surat suara Pileg dan Pilpres paling tidak sudah sampai ke gudang KPU kabupaten/kota pada 31 Januari 2024."Masih ada proses sortir dan pelipatan surat suara sebelum logistik pemilu didistribusikan ke PPK maupun PPS. Itu juga membutuhkan waktu yang cukup panjang," dalih Ketua KPU Soppeng ini.


Setiap KPU kabupaten/kota, tambah Irwan Usman nantinya akan mendapatkan tambahan surat suara cadangan sebanyak 1000 untuk antisipasi adanya Pemilihan Suara Ulang (PSU).  Sedangkan untuk setiap TPS juga akan mendapatkan tambahan surat suara cadangan sebesar 2 persen dari jumlah DPT yang ada di TPS tersebut. "Surat suara cadangan 2 persen itu digunakan jika ada surat suara yang rusak sebelum digunakan pemilih, atau ada tambahan pemilih dari TPS lain karena pindah coblos, dan lain sebagainya," pungkas Irwan Usman. 

Berikut Data Kebutuhan Logistik Pemilu 2024 untuk Kabupaten Soppeng :


Sementara Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memastikan surat suara Pemilu 2024 di KPU Kabupaten Soppeng sudah lengkap. Hal tersebut disampaikan usai melakukan pengecekan di gudang logistik KPU Kabupaten Soppeng bersama Bupati Soppeng, Forkopimda, KPU, Bawaslu dan pihak terkait. 

"Alhamdulillah saya cek di gudang logistik KPU tadi bersama Pak Bupati Soppeng dan Forkopimda, Pak Kapolres, bersama DPRD Kabupaten Soppeng, seluruh alat-alat Pemilu untuk Kabupaten Soppeng sudah lengkap. Termasuk surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota," ungkap Bahtiar kepada awak media. 

Untuk itu, Bahtiar bersama Bupati Soppeng dan Forkopimda yakin kesiapan di daerah sangat baik menghadapi Pemilu, dan hampir tidak ada tantangan yang terlalu signifikan. Kendati demikian, pihaknya tetap membuat skenario jika ada kondisi emergency. 

"Kami diperintahkan oleh Pak Presiden, seluruh Penjabat Gubernur, Bupati Wali Kota Se Indonesia, memastikan seluruh tahapan Pemilu tidak ada kendala. Dan Alhamdulillah sudah kita lakukan antisipasi termasuk bersama kepolisian dan jajaran lainnya," jelasnya.(01/**) 



Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)