MAN 1 Soppeng Mewakili SulSel Ketingkat Nasional Ajang Lomba Karya Tulis Kepahlawanan

Makassar, Breaking SulSel.Co.Id — Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan selalu mengingat betapa besarnya pengorbanan yang telah dipersembahkan para pahlawan untuk negara tercinta Indonesia sehingga pada saat ini kita dapat menghirup udara bebas. Sudah selayaknya kita menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan yang dengan telah tulus ikhlas dan tanpa pamrih menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.Nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan, dan Kesetiakawanan Sosial yang telah diwariskan para pahlawan, seperti sifat rela berkorban, pantang menyerah, bekerja keras, suka menolong dan lain-lain, hendaknya terus ditumbuhkembangkan di kalangan masyarakat khususnya generasi muda. Apalagi di era globalisasi saat ini yang sarat dengan berbagai pengaruh, yang apabila tidak disikapi dengan hati-hati maka dikhawatirkan dapat membawa generasi muda ke arah yang tidak diinginkan.

Berkenaan hal tersebut Tim juri lomba karya ilmiah kepahlawanan yang diketuai Prof. DR. Hj. Andi Irma Kesuma berhasil memilih tiga pemenang lomba, setelah dilakukan babak penyisihan, maka dari 91 peserta yang mendaftar dinyatakan lolos nominasi sebanyak 20 peserta yang mewakili SMA, SMK maupun Madrasah Aliyah (MA) sederajat dari beberapa kabupaten di Sulsel.
Hasil keputusan Tim juri lomba karya ilmiah yang dinyatakan pemenang setelah melakukan presentasi di hadapan 5 orang tim penilai diputuskan MAN 1 Kabupaten Soppeng menjadi juara pertama dengan nilai 456,5 disusul juara kedua SMA Katolik Cenderawasih dengan nilai 454 dan juara ketiga SMK Islam Terpadu Teknologi Kabupaten Bone dengan nilai poin 445,5.
Tim juri juga memutuskan juara harapan 1 yakni, SMA Islam Athira Makassar, juara harapan 2 SMA 1 Maros dan juara harapan 3 SMA 7 Luwu Timur.
Adapun kriteria penilaian lomba meliputi, karya ilmiah orisinil gagasan peserta bukan jiplakan, peserta memberikan solusi/gagasan, penguasaan materi, cara presentasi yang menarik serta karya ilmiah harus mencerminkan muatan lokal sesuai dengan budaya dan menonjolkan nilai-nilai kepahlawanan di daerah masing-masing.
Penutupan yang dirangkaikan dengan pengumuman pemenang lomba karya ilmiah dihadiri Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Sulsel, Drs.Jamaris dan juga Kepala Seksi Kepahlawanan, Keperintisan dan restorasi sosial Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Haerati, SE, MM.
Kasi Kepahlawanan, Keperintisan dan Restorasi Sosial, Haerati, pemenang pertama lomba karya ilmiah kepahlawanan akan diikutkan pada lomba karya ilmiah kepahlawanan tingkat nasional di Jakarta yang dilaksanakan menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember mendatang. Sedangkan para pemenang 1, 2 dan 3 serta juara harapan 1, 2 dan 3, akan diberikan sertifikat dan juga uang pembinaan, yang akan diserahkan pada saat peringatan Hari Pahlawan Nasional tingkat provinsi.
Seperti diketahui, Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Provinsi Sulsel adalah bertujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan di kalangan generasi muda atau remaja di era milenial, sehingga nilai-nilai kepahlawanan yang dipelopori oleh para pejuang bangsa pada masa lalu tidak mengalami pergeseran atau degradasi.
Menurut Ketua Tim Juri Lomba Karya Ilmiah, Prof DR. Hj Andi Ima Kesuma, lomba yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Provinsi Sulsel patut diapresiasi untuk meningkatkan kesadaran terhadap nilai-nilai kepahlawanan yang dipelopori oleh para pejuang pahlawan wangsa. ”Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai pengorbanan yang diberikan para pahlawan di masa lalu,” ujarnya.
Adapun anggota tim juri lomba karya ilmiah kepahlawanan antara lain para guru besar dari kampus Universitas Hasanuddin Makassar dan juga Universitas Negeri Makassar (UNM) yang terdiri atas, Prof. Dr. Hj. Andi Ima Kesuma, MPd (Ketua Tim) dan anggota masing-masing Dr. Andi Suriadi Mappangara, MHum,  Dr Ilham, MHum, DR.M.Rasyid Richard, MHum. Asmunandar, SS, MM dan lomba dipandu oleh Muhammad Agushari G.
Peserta lomba yang masuk nominasi 20 besar yakni, SMA Athirah, SMA 1 Maros, SMA Islam Terpadu Teknologi Bone, SMA 11 Bulukumba, SMK Teknologi Informatika Bulukumba, MA Tahfizul Quran Al Iman Ashim, SMA IMMIM Putri Pangkep SMA 9 Maros., SMA 16 Makassar, SMA 7 Lutim.  SMA 9 Jeneponto.  SMA 5 Gowa, SMK Penerbangan Tekno, SMK Kehutanan, MA Babul Khaer Bulukumba, MAN 1 Soppeng, SMA 7 Pinrang,  SMA Katholik Rajawali, MAN 4 Bone dan SMA 4 Lutim. (Redaksi)

Breakingsulsel soppeng

Read Previous

Dukcapil Soppeng, Rambah Desa Dan Kelurahan Perekaman KTP Elektronic

Read Next

Niat Baik dan Dukungan Semua, Andi Mappasessu,SE Siap Maju Di Pilkades Laringgi 2021