Ketika Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide Blusukan Panen Padi Di Desa Congko

Soppeng-Breaking sulsel.Co.Id — Pemerintah dalam hal ini Wakil Bupati Soppeng Ir.H.Lutfi Halide kegiatan panen raya yang berlangsung Desa Congko Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan Kamis (9/9/2021). luas lahan sawah di Desa Congko sekira 200 ha, sementara lahan yang beririgasi teknis sekitar 100 ha, Karena itu pemerintah akan mengantisipasi jangan sampai harga gabah di tingkat petani jatuh di bawah harga pembelian pemerintah (HPP).

“Kita telah mengevaluasi panen dan produksi dan harga saat panen raya ini. Untuk diketahui sudah berlangsun sejak Maret awal,” kata Wakil Bupati Soppeng Ir.H. Lutfi Halide 

“Kita pemerintah, sesuai arahan Menteri Pertanian supaya mengantipasi dan melakukan stabilisasi harga jangan sampai harga gabah di bawah HPP atau mempertahankan harga sama dengan Maret, karena berdampak pada nilai tukar petani,” tuturnya.

Lutfi Halide mengapresiasi sambutan hangat warga Desa Congko dalam kunjungan kerja tersebut dan berharap agar gotong royong memajukan bangsa dapat terus dilakukan melalui kerja antar pemerintah dan kerja antar masyarakat.

“Kami hadir di Desa Congko dengan rasa syukur karena sebuah ikhtiar kerja bersama yang sudah dirintis sejak Tahun sebelumnya secara bertahap mengalami peningkatan dan penguatan. InsyaAllah kolaborasi akan kita perluas tidak hanya di aspek ini saja namun juga di aspek-aspek yang lain,” katanya

Lanjut Wakil Bupati Soppeng Ir.H. Lutfi Halide, berharap panen ini akan menandai , hasil sekolah lapang yang diadakan oleh Balai Penyuluh Pertanian. dan telah dipraktekkan secara nyata para petani dan kelompok tani setempat. Dari hasil ini akan ditindak lanjuti para penyuluh lapangan pungkasnya.
Ditempat terpisah Kades Congko Muh.Jafar.S.Sos, dalam keterangannya mengatakan, luas lahan sawah di Desa Congko sekira 200 ha, sementara lahan yang beririgasi teknis sekitar 100 ha. Hal itu dibuktikan dengan hasil panen padi dibeberapa wilayah Desa Congko Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng yang panen padi seluas empat hektar dari potensi 200 hektar bisa berhasil walaupun dimasa pandemi Covi-19. Ini merupakan hasil upaya bersama antara petani, penyuluh dan peneliti pertanian dalam mengelola usaha tani sesuai SOP yang tepat dalam program Kostratani pungkasnya
Diketahui pesta panen potong padi di Desa Congko Kec.Marioriwawo Kab.Soppeng  acara ini turut dihadiri  dari Dinas Pertanian Prop.Susel, Camat  dan Kapolsek Marioriwawo serta staf BPP Kecamatan .(sanusi.muda/Redaksi)

Breakingsulsel soppeng

Read Previous

KEGIATAN VAKSINASI SISWA/SISWI SMP YANG BERLANGSUNG DI SMP Muhammadiyah Soppeng

Read Next

Percepat Vaksinasi Covid-19, Polres Soppeng Gandeng UNIPOL