Kemenag Soppeng Gelar Sosialisasi Pemutakhiran EMIS dan SIAGA

Soppeng Breaking SulSel.Co.Id — Education Management Information System Pendidikan Agama Islam (EMIS) – Data Pokok Pendidikan Islam merupakan aplikasi pendataan Guru/Pengawas Pendidikan Agama Islam yang bernaung di Kemenag. Bagi Bapak Ibu/Guru yang mengajar PAI maupun pengawas GPAI tentu sudah tahu dengan aplikasi EMIS ini, karena setiap tahun Bapak/Ibu guru PAI ataupun pengawas diharuskan melakukan update datanya untuk kebutuhan data pokok pendidikan agama islam.
Konsep pendataan Emis PAI tahun 2020/2021 mengalami perubahan konsep dibanding dengan periode sebelumnya. Pemutakhiran data EMIS yang dilakukan sudah akan menerapkan konsep pendataan berbasis data referensi. Sumber data EMIS PAI TP 2019/2020 adalah data EMIS TP 2018/2019. Proses updating data oleh sumber data langsung melalui Aplikasi EMIS PAI online.

Setiap Admin EMIS Kemenag Kab./Kota dan Admin EMIS Kanwil Provinsi harus mendaftarkan diri melalui EMIS SDM (EMIS Monitor) untuk mendapatkan dan mengaktifkan akun (username dan password). Setiap Guru PAI/Pengawas PAI mendapatkan username dan password melalui Admin EMIS Kemenag Kab./Kota.

Berkaitan hal tersebut Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng menggelar Sosialisasi Pemutakhiran Data Emis dan Siaga Guru Pendidikan Agama Islam di UPTD SPF SMP Negeri 1 Donri-Donri, Jumat (3/9/21).
Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Guru Pendidikan Agama Islam se Kabupaten Soppeng dan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng H. Fitriadi, S.Ag.,M.Ag didampingi Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Dra. Hj. A. Barlian Dulung, M.Pd.I.,serta Ketua AGPAII dan Pengawas PAI Kabupaten Soppeng.
Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya tenaga kependidikan dalam mengelola aplikasi EMIS dan Sistem Informasi Guru Agama (SIAGA) serta untuk mengakuratkan data Guru Agama Islam.  “Kegiatan ini untuk menunjang akurasi data Guru PAI di Kabupaten Soppeng sekaligus sebagai acuan pengembangan SDM dan pemberian tunjangan profesi GPAI” Ungkap Kasi PAI Hj. A. Barlian Dulung mengawali sosialisasi.
Sementara Kakan Kemenag H. Fitriadi dalam sambutannya menyampaikan, saat ini telah dilakukan integrasi data antara EMIS yang dikelola oleh Kemenag dengan Dapodik yang dikelola oleh Kemendikbud.EMIS merupakan suatu sistem manajemen pendukung yang berfungsi untuk menyediakan data dan informasi yang akurat dan tepat waktu yang digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan, perencanaan dan penyusunan anggaran.

“Untuk menjawab tantangan tersebut maka diperlukan keakuratan data pada aplikasi EMIS yang memberikan data yang update tentang informasi kelembagaan pada pendidikan keagamaan, sehingga membantu dalam pengambilan kebijakan, serta dalam penyusunan anggaran pendidikan yang tepat sasaran,” ujarnya

keberhasilan pendidikan tergantung pada tata kelola para guru ditempat kerja apabila seorang guru kreatif dan inovatif, maka akan menghasilkan siswi yang berkualitas, namun kenyataannya di lapangan, guru PAI dihadapkan pada berbagai permasalahan seperti pengetahuan terhadap manajemen dan proses pembelajaran yang terkadang belum maksimal, dan penguasaan teknologi yang masih relatif rendah.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan dan informasi tentang aplikasi SIAGA (Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama),” harapnya.

“Tujuannya untuk meningkatkan tata kelola dan kualitas data pendidikan secara bersama-sama antara Kementerian Agama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan” ucapnya. (Dani/Redaksi)

Breakingsulsel soppeng

Read Previous

IKA SMAN 200 Soppeng Prof. Pawennari Hijjang, Selaku Narasumber Bertajuk “Ethno Wellness Spa Bugis”

Read Next

KEGIATAN LOKAKARYA KURIKULUM MBKM FAKULTAS TEKNIK Universitas Cokroaminoto Makassar