Desa Mattabulu Peringkat Satu Ajang Lomba Desa Se Kab. Soppeng

Soppeng Breaking SulSel.Co.Id — Desa Mattabulu sekitar 7 Kilometer kearah barat dari pusat kota Kabupaten Soppeng, Desa Mattabulu berada di kecamatan Lalabata Desa ini mempunyai luas 50 Km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 1.392 jiwa yang terdiri dari 2 dusun yaitu Dusun Cirowali dan Dusun Teppoe dulunya daerah ini menjadi bagian dari kelurahan Bila dan dijadikan Desa Persiapan pada tahun 1988.
Selain itu di Desa Mattabulu juga pernah menjadi bagian dari Kerajaan Bulu Matanre, matta berarti besar sementara bulu adalah gunung sehingga bisa dikatakan arti dari nama mattabulu ialah gunung yang besar dan bisa dibuktikan dengan letak geografis Desa Mattabulu yang dikelilingi oleh gunung serta bukit, desa ini berada dikaki gunung tertinggi dikabupaten soppeng dengan ketinggian dari permukaan laut 1000 MdPL. 
Dengan kekuatan sumberdaya yang dimiliki Desa Mattabulu Kacamatan Lalabata menjadi Desa yang mendapatkan penilaian peringkat satu (1) disemua Kecamatan di Kabupaten Soppeng, sekaligus satu satunya Desa yang tampil mewakili Soppeng yang berjulukan Kota Kalong ini pada ajang Lomba Desa Taun 2021.
Disampaikan oleh Kepala Desa Mattabulu Jumaldi Bakri, S.Sos kamis (8/4) yang lalu, bahwa Desa Wisata Mattabulu merupakan salah satu kegiatan ungulan dari Desa tersebut disamping kegiatan unggulan yang lain beserta dengan potensi yang dimilikinya dari beberapa Desa yang mengikuti ajang lomba desa ini mattabulu mampu berbicara dikancah lomba desa sekalipun desa ini berada diatas pengunungan ujarnya.
“Kami dari Desa Mattabulu sendiri optimis bisa meraih juara dalam lomba desa kali ini. Sebab, secara keseluruhan kemampuan telah kami kerahkan bersama dengan segenap perangkat kami dan seluruh masyarakat dalam melaksanakaan penyempurnaan dalam segala hal-hal dan bidang secara keseluruhan,” jelasnya.

Ditanya soal mengenai persiapan yang dilakukan sebelum menghadapi penilaian lomba, Jumaldi Bakri yang juga ketua APDESI Soppeng mengaku tak memiliki persiapan khusus. “Yang namanya pemerintah desa itu harus siap dalam segala hal,” ujarnya.

Sementara untuk, inovasi unggulan Pemerintah Desa Mattabulu memprioritaskan pengembangan destinasi wisata Liu pangie, lembah cinta, dan masih banyak potensi yang lainya. “Salah satu inovasi unggulan kami yaitu pengembangan destinasi wisata alam Liu Pangie yang memang sudah beberapa tahun belakang ini kami genjot pembangunan sarana dan prasarana pendukung lainnya,” katanya.

Jumaldi Bakri, Kepala Desa Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng membuat gebrakan, tak tanggung-tanggung, gebrakannya adalah pembangunan desa yang terus berlanjut Seakan tiada hari tanpa membangun dan tak kenal lelah tetap bersemangat dalam mengabdi kepada masyarakat, demi kemajuan desanya.

Sejak desa Mattabulu dibawah pimpinan Jumaldi Bakri, desa Mattabulu tampak mengalami kemajuan, berbagai pembangunan dilakukan, salah satunya adalah pembangunan jalan setapak di dalam desa, pembangunan gedung sentra untuk menunjang ekonomi kerakyatan kawasan destinasi wisata, taman dulunya tidak terawat menjadi sebuah taman yang sangat cantik sehingga menimbulkan sebuah kesan desa yang maju dan bersih.

Pembangunan tersebut pun dilakukan dengan melibatkan sejumlah warga, tokoh masyarakat, tokoh ulama dan dalam keyakinan beliau, bekerja yang baik adalah bagian dari ibadah dan kebaikan itu akan dikenang sepanjang hayat dikandung badan. dalam kesempatan tersebut Jumaldi Bakri menghimbau kepada seluruh warga, agar terus menjaga kekompakan yang telah dibina pungkasnya. (Haerul.S. Duga/Redaksi)

breaking sulsel

Read Previous

Bupati Soppeng Hadiri Pencanangan Program Asbatik

Read Next

80 KPM Desa Pising Terima BLT