Rasa Kesyukuran Masyarakat Desa Jampu Hasil Panen Melimpah. Diadakan Acara Pattaungeng

Soppeng Breaking SulSel.Co.Id — Sulawesi Selatan (Sulsel), tak hanya dikenal sebagai daerah pegunungan yang subur. Kabupaten Soppeng yang dikenal sebagai daerah sarang kelelawar tersebut memiliki budaya yang masih terjaga kelestariannya. Satu di antara budaya yang dimaksud adalah pattaungeng. Ritual adat yang terkenal sakral ini digelar saban tahun jika kekeringan melanda wilayah Soppeng.

Seperti halnya yang digelar di Dusun Lenrang Desa Jampu Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng pada Minggu (4/10) kemarin, warga bersama Pemerintah Desa Jampu Pemerintah Kabupaten Soppeng melaksanakan ritual adat pattaungeng sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas hasil panen padi dan jagung untuk periode musim tanam tahun ini.

Pembukaan acara tradisi budaya resmi di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Drs.H.Muh.Azis Makmur,M.Si.
Dalam kegiatan acara budaya pattaungeng ini Kepala Desa Jampu Nurhafsah, menjelaskan Kegiatan tersebut merupakan wujud rasa syukur masyarakat atas hasil panen padi dan jagung untuk periode musim tanam 2020, disamping itu diharapkan mampu melestarikan nilai-nilai luhur budaya tradisional Dusun Lenrang Desa Jampu yang turun temurun dilaksanakan sehingga dikatakan Adat Pattaungeng yang biasa di sebut dalam bahasa Bugis.
Lanjut Nurhafsah menambahkan. Ini juga merupakan tanda pesan leluhur kita di zaman dahulu kala yg merupakan acara pertahunan, yang di tandai kesyukuran akhir panen para petani petani Bugis di Kec.Liliriaja,Desa Jampu, Dusun Lenrang.Kab.Soppeng, Pelaksanaan ini suatu acara tradisi budaya dipertunjukkan aktriaksi belah diri pencak silat dan di iringi bunyi bunyi yang biasa di kenal dalam bahasa bugisnya Mapadendan, Massure ungkapnya.
Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Soppeng H. Azis Makmur dalam penyampaianya mengatakan. Kabupaten Soppeng dan Pemerintah Desa untuk kedepannya bagaimana sinergitas pemerintah dan seluruh unsur masyarakat menggali potensi-potensi budaya leluhur yang ada diwilayah Desa Jampu. Dimana kita ketahui bahwa Desa Jampu menjadi suatu kebanggaan agar  potensinya menjadi sejarah kebudayaan, namun ini dibutuhkan dukungan dari semua unsur baik pemerintah dan masyarakat untuk menggali dalam melestarikan potensi nilai-nilai budaya tradisional tersebut.
Kadis pendidikan dan kebudayaan Soppeng tak lupa juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tetuah Adat, Tokoh Masyarakat Dusun Lenrang atas prakarsanya menyelenggarakan kegiatan ini, “ujarnya.
Acara tersebut dihadiri beberapa Instansi unit kerja Pemkab Soppeng, hadir Kades Jampu, Ketua BPD, Babinkamtibmas , serta para  Tokoh masyarakat,Tokoh  Agama, Tokoh Adat, Pemerintah desa Jampu. (Haerul.S/Redaksi)

breaking sulsel

Read Previous

LHI Akan Terus Pantau Penggunaan Anggaran KPU Soppeng

Read Next

Terkait Dugaan Penyalahgunaan Anggaran Di Desa Sering, Ketum LHI Angkat Bicara