Segini Pagu Anggaran APK Dan BK KPU Soppeng

Soppeng Breaking SulSel.Co.Id — Model kampanye dalam setiap ajang pemilihan mengalami perubahan. Pada masa lalu, alat peraga kampanye disiapkan sendiri oleh masing-masing calon. Biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Tapi belakangan ini, model kampanye berubah. Alat peraga kampanye (APK) disediakan penyelenggara pemilu dengan ongkos yang bersumber dari anggaran negara atau daerah.

Untuk urusan ongkos, tentu ini meringankan bagi calon yang bersaing dalam pemilihan. Hanya saja, dari pengalaman beberapa kali pemilihan, baik pemilihan legislatif maupun kepala daerah, banyak APK yang dipasang tidak sesuai jumlah yang disediakan penyelenggara. Belum lagi APK yang dipakai, bahannya tidak ramah lingkungan karena bahan bakunya plastik.

Dikonfirmasi lebih lanjut. Terkait mengenai anggaran pengadaan Alat peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) pemilu kada dikabupaten soppeng 2020 untuk kabupaten yang berjulukan Bumi Latemmamala ini menurut Fitriana Aras Kasubag Keuangan Umum dan Logistik (KUL) Sekretariat KPU Kabupaten Soppeng belum lama ini pagu anggaran yang disiapkan untuk APK dan BK sekitar 700 juta diantaranya, Untuk pagu anggaran APK kurang lebih 257 juta sedang BK 436 juta ujarnya.

Lanjut Fitriana Aras melalui telepon selulernya mengatakan. Kendatipun pagu anggaran yang telah disiapkan sebanyak 700 juta namun tidak kesemuanya terealisasi dalam artian ada pengurangan sesuai kesepakatan dengan paslon untuk APK dan BK hanya 30 persen dari jumlah KK yang dibutuhkan oleh paslon jadi tidak semuanya terpakai mungkin hanya kisaran 60 juta lebih yang terpakai untuk APK dan BK yang tadi dengan merujuk harga HPS yang dimenangkan oleh rekanan yang akan mengerjakanya melalui pengadaan langsung katanya.

Ditambahkan adapun rincian kebutuhan APK untuk Kabupaten Soppeng adalah, baliho ukuran 5 x 3 sebanyak 5 lembar, Spanduk ukuran 6 x 1 sebanyak 160 lembar, umbul – umbul ukuran 0,5 x 4 sebanyak 140 lembar jadi total keseluruhan untuk APK sebanyak 305 lembar. Sedang untuk BK total keseluruhan 70005 lembar dengan rincian Brosur sebanyak 23335 lembar, Pamplet sebanyak 23335 lembar, Poster sebanyak 23335 lembar perencenaanya akan selesai 14 hari kedepan maksimal pengerjaanya sesuai kontrak yang ditandatangani ungkapnya.

Perlu diketahui poses pencatakannya akan dilaksanakan oleh percetakan tosagena jalan perintis kemerdekaan makassar (Haerul.S/ Redaksi)

 

 

breaking sulsel

Read Previous

A. Zulkarnain. Menagkan AKAR – LHD Banyak Bekerja Sedikit Bersuara

Read Next

Ketua LHI Arham Menghimbau : Pejabat Yang Usai Keluar Daerah Agar Tes Swab