KKN di Desa Maccile, Khusnul Mahasiswa UNHAS Ciptakan Hand Sanitizer Tanpa Sentuh

Keterangan Gambar : Mahasiswa Tekhnik Electro Universitas Hasanuddin Makassar (UNHAS) yang melaksanakan KKN Tematik Gelombang 104 di Desa Maccile Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng nampak Khusnul Khotimah saat menyerahkan karyanya kepala Kepala Desa Maccile Suherman

Soppeng Breaking SulSel.Co.Id — Mahasiswa Tekhnik Electro Universitas Hasanuddin Makassar (UNHAS) yang melaksanakan KKN Tematik Gelombang 104 di Desa Maccile Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng membuat alat hand sanitizer  yang disebut Hand sanitizer Otomatis Tanpa Sentuh.

Salah seorang anggota KKN Tematik Unhas Desa Macille, Khusnul Khotimah mengatakan, cara penggunaan foot press handsanitizer sangat praktis sehingga mudah dan aman digunakan masyarakat agar terhindar dari terpapar Covid-19 karena sentuhan tangan.

“Sebagai mahasiswa yang selalu berinovasi kami membantu masyarakat dalam upaya pencegahan Covid-19 dengan cara meminimalisir bersentuhan langsung dengan benda yang berpotensi dapat menularkan virus,” tutur Khusnul Khotimah.

Dijelaskan Khusnul Khotimah, cara kerja foot press handsanitizer sendiri terbilang mudah, cukup dengan mengaktifkan alat dengan menekan sakelar lalu kedua tangan didekatkan pada sensor sehingga lampu led menyala dan cairan foot press hand sanitizer yang otomatis akan menekan bagian atas sehingga cairan keluar.

“Dengan cara kerja ini tangan kita tidak akan menyentuh bagian hand sanitizer tersebut tanpa adanya kontak langsung,” imbuh Khusnul.

Khusnul Khotimah menambahkan, selain itu pembuatan foot press hand sanitizer juga tidak memakan waktu yang lama, bahan yang digunakan pun mudah didapat, seperti papan, paralon dan hand sanitizer.

Kepala Desa Maccile Suherman mengatakan, memasuki era new normal masyarakat dituntut untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker jika keluar rumah, jaga jarak, rajin mencuci tangan, serta menjaga pola makan sehat.

“suatu karya yang hebat,  program kerja yang kreatif sangat cocok dalam situasi pandemik saat ini. Alat ini dapat memotivasi pemuda-pemuda lain agar dapat berinovasi dari hal-hal kecil atau sederhana”

“Pembuatan foot press hand sanitizer ini merupakan salah satu program kerja KKN Tematik Unhas gelombang 104, inovasi ini anak KKN Unhas lakukan untuk membantu masyarakat Desa Maccile dalam memerangi Covid-19  agar tetap bisa menjalankan aktivitas harian sesuai dengan protokol kesehatan,” katanya.

Atas nama Pemdes Maccile sendiri mendukung penuh proker mahasiswa KKN ini. “Kami berharap dengan adanya inovasi yang diberikan adik-adik KKN mampu membangun kesadaran masyarakat dengan tetap rajin mencuci tangan sebagai bentuk pencegahan Covid-19,” tukas Suherman selaku Kepala Desa Maccile.

Foot press hand sanitizer rencananya akan diletakan di tempat publik seperti sekolah, masjid, dan kantor desa setempat.(Redaksi)

breaking sulsel

Read Previous

Drs.H.Dipa,M.Si. Mari Ulurkan Tangan Bersedekah Melalui Gerakan Sepekan

Read Next

Bupati Soppeng Jadi Inspektur Upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan RI