Minuman Jahe Desa Tunreng Tellue Jadi Sumber Pendapatan Warga

BREAKING SULSEL, BONE; — Inovasi Desa program penanaman tanaman herbal di setiap rumah masyarakat Desa Tunreng Tellue Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone Sulawesi Selatan berbuah jahe merah.

Jahe tersebut diolah menjadi serbuk dan dikemas menjadi minuman Jahe Instant.

Menvetahui Karya kelompok ibu-ibu di desa tersebut, rupanya pihak BUMDES setempat memberi dukungan bantuan modal sekaligus menjadi market produk “Minuman Jahe Instan Joss.”

Tak hanya harum dan menyegarkan, minuman jahe juga memiliki berbagai khasiat yang baik untuk tubuh.

Misalnya ketika kita terserang batuk. Minuman jahe atau teh jahe dipercaya bisa menyembuhkan batuk dan gangguan pernapasan lainnya.

Minuman jahe juga digunakan secara tradisional untuk mengatasi masalah pada perut, contohnya untuk mencegah atau menghentikan mual.

Ahli kesehatan percaya semua itu berkat komponen aktif dalam jahe seperti minyak volatile dan senyawa fenol gingerol.

Selain itu, digunakan untuk mengatasi mual akibat mabuk perjalanan, minuman jahe juga diduga efektif mengurangi mual dan muntah di pagi hari pada ibu hamil, mual yang disebabkan oleh obat untuk penyakit HIV/AIDS, mual dan muntah selama 24 jam pertama setelah operasi, dan mengurangi gejala pusing atau vertigo.

Sumber : Dinas Perindustrian Kab. Bone

(disadur dari website resmi Pemkab Bone httph//www.bone.go.id/ dengan judul berita, Minuman Jahe Produksi Desa Tunreng Tellue Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone, di-posting pada Rabu 31 Oktober 2918.

breaking sulsel

Read Previous

Raih Penghargaan Pembina Proklim 2018, Bupati Bone Berpesan Tak Terlena

Read Next

Pusaka Bersarungkan Emas Akan Di Pamerkan di Soppeng

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *